Apa yang Diperbuat Ketika Hendak Berhari Raya

Hari Raya Idhul Fitri kurang seminggu lagi dan apa yang diperbuat orang pada umumnya. Kalau melihat disekeliling kita, dari tampakan luarnya sederhana saja. Rata- rata pada membicarakan rencana membuat makanan dan koe hari raya. Tentunya berusaha membeli pakaian baru kalau bisa. Bagi kepala keluarga yang terutama adalah untuk kebutuhan keluarga dan anak- anak.

Tetapi untuk dapat mewujudkan hal yang disebutkan diatas ternyata
banyak menimbulkan masalah. Baik oleh yang masih sengsara hidupnya maupun oleh yang sudah mapan status ekonominya. Kata pepatah jawa yang miskin mati kepingin dan yang kaya mati kekurangan. Semuanya sepertinya ngoyo banget untuk dapat merasa sempurna dalam mengikuti hari raya yang sangat karakteristik dinegeri yang pemeluknya mayoritas beragama Islam ini.

Tengara ngoyo mungkin dapat dilihat dari meningkatnya kejadian kriminalitas ditempat umum. Banyak kejadian perampasan dan pecurian atau lainnya. Hal ini diketahui ketika para pelaku kejahatan tertangkap sebagian besar mengaku perbuatannya itu adalah untuk kebutuhan hari raya bersama keluarganya.

Melihat pemandangan seperti itu, jelas dapat membuktikan kalau sekarang banyak orang sudah putus asa dan bermata gelap. Sehingga untuk dapat mengatasi kesulitan hidupnya apa saja dilakukan. Apalagi demi keluarga yang sedang menunggu dengan harap- harap cemas dengan wajah tidak berdosa.

Maka oleh karena itu, agar tidak terjebak dalam situasi yang seperti itu. Hendaknya setiap kepala keluarga atau bahkan setiap orang dewasa yang memiliki tanggungjawab menghidupi keluarganya merubah kebiasaan sehari- harinya. Yang tadinya bersikap hidup boros, atau malas bekerja; ya mbok yao punya sifat hemat dan budaya menabung, sedikit demi sedikit.

Dan yang penting bekerjalah berwiraswasta kecil- kecilan. Karena kata orang yang pinter mengelola uang, masalah keuangan itu bukan pada jumlahnya yang besar, melainkan dari cara pengaturannya. Jikalau memilih uang besar tetapi pengaturannya salah, sebentar saja habis tidak bersisa, malah akan berhutang. Tetapi jika memilih cara pengaturan uang yang baik, maka uang sedikit saja kalau dikelola dengan baik lama- lama akan menjadi bukit. Akan menjadi besar jumlahnya. Mari sharing mengenai hal- hal seperti ini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAK DAPAT MENYATU BAGAI AIR DAN MINYAK

PASTI BISA

Pesawat Terbang Sukhoi Super Jet 100 Menabrak Gunung Salak